{"id":13517,"date":"2023-01-31T16:38:10","date_gmt":"2023-01-31T09:38:10","guid":{"rendered":"https:\/\/pintarjualan.id\/?p=13517"},"modified":"2023-02-02T12:05:34","modified_gmt":"2023-02-02T05:05:34","slug":"jd-id-tutup-karena-jd-group-fokus-rantai-pasok-kemana-mau-retur-barang","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/pintarjualan.id\/jd-id-tutup-karena-jd-group-fokus-rantai-pasok-kemana-mau-retur-barang\/","title":{"rendered":"JD.ID Tutup Karena JD Group Fokus Ke Rantai Pasok, Kemana Mau Retur Barang?"},"content":{"rendered":"\n

Pintarjualan.id<\/strong> – JD.ID mengumumkan melalui situs resminya bahwa layanan jual-belinya akan berhenti beroperasi sepenuhnya mulai 31 Maret mendatang.<\/p>\n

Usai melakukan PHK dan menutup layanan JDL Express<\/a><\/strong>, JD.ID akan menutup layanan e-Commercenya secara penuh<\/strong>.<\/p>\n

E-Commerce dengan logo kuda imut berwarna putih ini dikabarkan akan mengalihkan fokus perushaan untuk menyesuaikan dengan tren ekonomi yang sedang berlangsung.<\/p>\n

Kini, JD.Com akan fokus membangun jaringan rantai pasok\/supply chain<\/em> internasional. Sehingga, inti perusahaan akan lebih berkutat pada logistik dan pergudangan.<\/p>\n

Saat ini, JD.ID masih melayani operasi jual beli hingga pemesanan terakhir pada 15 Februari. Namun, bagaimana dengan layanan purna jual seperti pengembalian barang\/retur?<\/p>\n

Masih melalui situs resminya, JD.ID<\/strong><\/a> menjabarkan bahwa layanan purna jual masih akan dibuka sampai 15 Maret 2023. Jadi, sampai hari Rabu (15\/3\/2023) pelanggan masih bisa mengajukan permintaan retur barang kepada Customer Service JD.ID.<\/p>\n

Karena waktu proses retur memakan waktu beberapa hari, proses purna jual terakhir akan distop pada 22 Maret 2023.<\/p>\n

Jadi, pelanggan masih bisa mengurus retur barang hingga tanggal tersebut. Tentu saja, persyaratan barang yang bisa dilakukan juga masih berlaku, seperti halnya barang rusak, tidak sesuai, atau kurang lengkap.<\/p>\n

Bagi pelanggan JD.ID yang mendapatkan barang dengan kondisi seperti di atas, bisa menggunakan aplikasi JD.ID untuk mengajukan retur\/pengembalian produk, penukaran produk, atau pengajuan pengembalian dana.<\/p>\n

Jadi, layanan purna jual masih dibuka hingga 15 Maret 2023 sebelum JD.ID tutup sepenuhnya<\/strong><\/a> pada 31 Maret 2023.<\/p>\n

Untuk melakukan retur barang di JD.ID<\/strong><\/a>, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.<\/p>\n

    \n
  1. Buka aplikasi JD.ID dan masuk ke halaman Akun Saya<\/strong>, kemudian pilih menu Retur Produk<\/strong><\/li>\n
  2. Pilih Produk yang ingin dikembalikan dan tap tombol Pengembalian<\/strong><\/li>\n
  3. Pilih alasan pengembalian produk sesuai dengan kondisi yang dialami<\/li>\n
  4. Jelaskan dengan detail mengenai kendala pada produk yang ingin dikembalikan di kolom yang disediakan. Sertakan juga lampiran foto sebagai bukti atas kendala produk.<\/li>\n
  5. Pilih metode pengembalian barang, apakah pick-up (dijemput), drop-off (produk diantar sendiri), atau produk dikirim sendiri menggunakan ekspedisi.<\/li>\n
  6. Terakhir, tap tombol Ajukan<\/strong><\/li>\n
  7. Dalam waktu satu hari (1×24 Jam), Tim Retur JD.ID akan menghubungi untuk mengkonfirmasi mengenai pengajuan retur untuk dilanjutkan ke proses pengembalina atau tidak.<\/li>\n<\/ol>\n

    Tanggal Penting Terkait Penutupan Permanen JD.ID<\/strong><\/p>\n