Advertisement

Marketplace NFT Indonesia, Tempat Jual Beli Aset Digital NFT

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
16 Februari 2022
Waktu membaca
2 Menit

Jakarta – Pasca maraknya penjulan fantastis NFT Ghozali, NFT kini menjadi sorotan banyak pihak di Indonesia. Hingga banyak bermunculan marketplace NFT Indonesia.

NFT sendiri merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, yaitu semacam token atau aset digital baik dalam bentuk foto, video, atau dalam bentuk virtual lainnya.

Baca juga: Ghozali Raup Miliaran Rupiah dari NFT Foto Selfie di OpenSea

Secara khusus, marketplace NFT merupakan wadah untuk jual beli aset digital NFT. Lalu, apa saja marketplace NFT Indonesia? Simak daftar marketplace NFT Indonesia berikut ini.

1. Tokomall.io

Tokomall menyebut dirinya sebagai pelopor marketpace di Indonesia. Tercatat, hingga Rabu (16/02/2022) Tokomall telah memiliki 84 mitra resmi dengan 10.000 lebih kolektor dan kreator.

Dilansir dari laman resmi Tokomall, TokoMall adalah pelopor NFT marketplace di Indonesia yang memberikan konsep unik dengan menjembatani dunia digital dengan realita.

Tokomall ingin mendukung merek, artis, dan kreator lokal untuk meluncurkan kreasi mereka ke panggung dunia. Bersaing dengan para kreator kelas dunia.

Selain sebagai koleksi, NFT yang diluncurkan di TokoMall juga memiliki kegunaan lain. NFT bisa digunakan untuk menebus barang fisik dari mitra resmi Tokomall.

2. Baliola.com

Dilansir dai channel Youtube Baliola Marketplace, Kamis (28/10/2021), Baliola.com adalah NFT marketplace yang dikembangkan bersama Kepeng.io.

Dikutip dari laman resmi Baliola.com pada Kamis (16/02/2022), Baliola Marketplace memiliki segudang manfaat di dalamnya. Mulai dari sektor ekonomi, pariwisata, sosial, dan budaya.

Baliola didedikasikan untuk para pekerja seni tradisional dan modern di Bali agar hasil karya seni mereka bisa dipasarkan secara internasional dengan perlindungan hukum dan ekonomi.

Baca juga: Terinspirasi Ghozali, Bambang Soesatyo Jual NFT Kecelakaan Rp217 Juta

Hingga Kamis (16/02/2022), tercatat ada lenih dari 12.000 transaksi NFT di Baliola.com dengan beberpa NFT yang populer seperti The Circle of Fool, Rwa Bhineda, dan Support Each Other.

3. Paras.id

Paras.id merupakan NFT marketplace Indonesia yang dibangun di atas teknologi blockchain. Paras.id memberikan kepemilikan aset digital atau sebut saja NFT yang langka secara mutlak.

Marketplace NFT yang dikembangkan oleh Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan ini memakai cryptocurrency NEAR sebagai media tukar antar para kolektor dan pencipta atau seniman.

Untuk dapat bergabung dengan Paras.id, caranya cukup mudah. Hanya dengan mengunjungi laman Paras.id lalu pilih menu Login. setelah itu pilih Create free NEAR account with Metamask.

Hanya saja, sebagai salah satu marektplace NFT di Indonesia, situs resmi Paras.id tidak mendukung Bahasa Indonesia. Melainkan hanya Inggris, China, Spanyol, dan Rusia.

Maraknya marketplace NFT di Indonesia bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghasilkan uang. Seperti kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno.

Dilansir dari akun twitter @sandiuno, Kamis (13/01/2021) ia mengatakan, sadar atau tidak, dunia sudah mulai berubah, kini platform digital seperti NFT bisa menghasilkan banyak uang.

Baca juga: Apa Itu NFT? Bagaimana Cara Kerjanya? Seperti Apa Bisnisnya?

Sebelumnya, menteri yang akrab dengan sapaan Sandi tersebut juga memuji Ghozali karena berhasil raup miliaran rupiah dari hasil penjualan NFT melalui OpenSea.

“Seperti yang dilakukan Ghazali Everyday (@Ghozali_Ghozalu), seorang mahasiswa yang iseng menjual 933 foto Selfi dirinya sendiri selama 5 tahun sejak berusia 18-22 tahun dengan fose yang sama di salah satu platform digital”, tulis Sandi di akun twitternya pada Kamis (13/01/2021).

Selain Tokomall.io, Baliola.com, dan Paras.id, masih ada beberapa marketplace NFT Indonesia. Seperti misalnya, Kolektibel.com, Enevti.com, dan Artsky.io.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *