Advertisement

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya!

Diterbitkan pada
17 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan? Ada beberapa faktor penyebabnya. Nah, kali ini akan kami informasikan beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Shopee PayLater merupakan fitur yang banyak digemari oleh para pengguna yang akan belanja di Shopee. Namun, tak jarang fitur ini ada saja masalahnya.

Fitur ini sangat mudah digunakan. Fungsinya yaitu pengguna bisa membeli barang apa saja di Shopee dan bisa membayarnya nanti sesuai dengan tenggat waktu.

Tapi tidak semua pengguna dapat menggunakan fitur ini, ya. Hanya pengguna terpilih saja yang bisa mengaktifkan fitur ini pada Aplikasi Shopee.

Dalam Shopee PayLater juga terdapat limit yang bisa digunakan untuk belanja oleh pengguna. Limit setiap pengguna berbeda-beda, dan bisa dinaikkan sesuai dengan ketentuan.

Tapi pada saat melakukan transaksi menggunakan Shopee PayLater, kadang-kadang fitur tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Lalu apa penyebabnya? Yuk, simak berikut ini!

Beberapa Penyebab Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan

Dengan hadirnya fitur Shopee PayLater “Beli Sekarang Bayar Nanti” banyak pengguna yang sangat gembira.

Karena mereka bisa membayar pesanan yang dilakukan nanti setelah ada uang. Tapi, tidak sedikit pengguna yang merasa kecewa saat menggunakan fitur ini.

Pasalnya, banyak pengguna yang terkendala dan tidak bisa menggunakan Shopee PayLater tanpa alasan yang jelas.

Beberapa kendala atau penyebab yang sering pengguna alami pada saat menggunakan fitur Shopee PayLater adalah sebagai berikut :

  • Tidak bisa masuk ke menu utama Shopee PayLater.
  • Tidak bisa klik bayar di halaman pembayaran tagihan SPayLater.
  • Pada saat membayar tagihan dengan metode pembayaran menggunakan ShopeePay, Indomaret, dan Virtual Account seringkali gagal/tidak bisa digunakan.
  • Setelah memilih metode pembayaran, kode pembayaran tidak muncul.
  • Fitur Shopee PayLater tidak bisa digunakan untuk metode pembayaran. Menu tersebut biasanya tidak bisa di klik atau muncul tulisan aktifkan sekarang.

Kendala diatas bisa terjadi oleh pengguna siapa saja. Nah, perlu perhatikan juga saat mengakses, apakah jaringan internet aman dan stabil atau tidak.

Dan kalian juga perlu untuk membersihkan sampah cache pada aplikasi Shopee supaya bisa berjalan dengan baik.

Nah, cara untuk mengatasi kendala dan penyebab yang sudah kami sampaikan diatas, bisa simak dibawah ini solusinya. Check it out..

Cara Mengatasi Shopee PayLater yang Tidak Bisa Digunakan

Beberapa solusi untuk dapat menggunakan Shopee PayLater kembali yaitu dengan cara membersihkan cache, cek koneksi internet, update aplikasi Shopee ke versi terbaru, melunasi seluruh tagihan, dan langkah terakhir menghubungi CS atau pusat bantuan di Shopee.

Nah, untuk lebih jelasnya bisa lihat langkah-langkah dibawah ini :

1. Membersihkan Cache/Sampah Aplikasi Shopee

Cache atau sampah pada aplikasi ini sangat penting untuk dibersihkan. Karena sangat mempengaruhi kinerja aplikasi untuk bekerja lebih cepat.

Untuk cara membersihkan cache aplikasi Shopee, berikut tutorialnya :

  • Buka aplikasi Shopee pada smartphone Anda.
  • Masuk ke menu Saya.
  • Pilik Pengaturan Akun.
  • Klik Bersihkan Cache.
  • Tekan Ya.
  • Selesai!

Sangat mudah kan?

2. Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi kendala SPaylater yang tidak bisa dipakai selanjutnya yaitu dengan mengecek koneksi internet pada handphone.

Pastikan koneksi lancar dan stabil, ya. Jika perlu gunakan Wifi untuk mengaksesnya.

3. Upgrade Aplikasi ke Versi Terbaru

Kalau cara diatas belum berhasil juga, kamu bisa memperbarui aplikasi Shopee ke Versi yang terbaru.

Ini juga bisa menjadi penyebab mengapa kamu tidak bisa menggunakan SPaylater, karena aplikasi Shopee belum dilakukan upgrade.

Cara untuk upgrade aplikasi Shopee ini sangat mudah kok. Kalau kamu pengguna Android, tingkal masuk ke Google Play. Kemudian cari Aplikasi Shopee dan klik tombol update.

Sedangkan untuk pengguna iOS bisa melakukan hal yang sama dengan masuk ke App Store, ya. Kamu juga bisa melihat versi aplikasi Shopee di halaman tentang.

Biarkan upgrade berjalan sampai selesai, ya. Jika sudah selesai, restart kembali handphone kamu dan coba masuk ke aplikasi Shopee. Apakah Shopee PayLater sudah berfungsi dengan baik?

4. Bayar Tagihan yang Belum Lunas

Kalau kamu sebelumnya sudah menggunakan SPayLater dan ada tunggakan yang belum dibayar, biasanya ini alasan mengapa fitur Shopee PayLater tidak muncul di metode pembayaran.

Hati-hati kalau kamu belum melunasi tagihan hingga batas waktu yang ditentukan. Ini bisa mengurangi skor kredit, dan juga akan ada denda yang harus dibayar.

Bahkan bisa sampai fitur Shopee PayLater dicabut dari aplikasi Shopee di akunmu dan tidak bisa dipakai lagi.

Untuk itu segera melunasi seluruh tagihan dan tunggakan beserta dengan bunganya, supaya bisa digunakan lagi.

Cara melunasi seluruh tunggakan tagihan di Shopee PayLater sangat mudah kok. Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik menu Saya.
  • Pilih fitur SPayLater.
  • Tekan Bayar.
  • Klik Bayar Sekarang.
  • Pilih Metode Pembayaran.
  • Selesaikan proses pembayaran.
  • Selesai!

5. Hubungi CS/Pusat Bantuan Shopee

Solusi terakhir jika semua langkah diatas sudah dicoba namun tidak berhasil yaitu dengan menghubungi Call Center Shopee atau melalui Pusat Bantuan.

Berikut ini cara menghubunginya :

  • Melalui panggilan telepon Call Center Shopee di nomor 1500-702. Melayani 24 Jam pada Hari Senin s/d Minggu dan hari libur nasional.
  • Menulis Email yang ditujukan ke support@shopee.co.id.
  • Melalui pusat bantuan Shopee dengan layanan Live Chat di Aplikasi Shopee.

Penutup

Gimana, pembahasan kali ini mengenai kenapa Shopee PayLater tidak bisa digunakan sudah cukup jelas kan?

Kalau kalian masih ada pertanyaan bisa tulis di kolom komentar di bawah ini. Atau bisa melalui Direct Message (DM) Instagram kami di @Pintarjualan.id.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat, ya. Bagikan juga ke teman-teman kalian dengan cara klik tombol bagikan ke media sosial dibawah ini.

Sampai jumpa di postingan menarik lainnya dari kami. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *