Ide Jualan di Marketplace Tahun 2021 yang Bikin Untung

Diterbitkan pada
11 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Ide jualan 2021 yang menguntungkan bisa anda cari dari berbagai sumber seperti halnya search di Google atau tempat pencarian informasi lainnya. Ide jualan itu bisa ada jika ada tekad dan kemauan. Jangan hanya mempunyai ide tapi tidak merealisasikannya.

Hal yang utama dalam berdagang tidak hanya memiliki ide saja tapi harus memiliki jiwa pebisnis. Dengan demikian ide cemerlang dan kreatif yang anda miliki tidak beku di pikiran saja. Tapi dituangkan atau direalisasikan dalam kehidupan yang sebenarnya.

Salah satu hal yang membuat kebanyakan orang takut untuk jualan yaitu modal yang dimiliki kecil. Sedangkan untuk membuka toko harus menyewa kios, belum lagi harus memiliki modal barang yang akan didagangkan. Sehingga muncul rasa ragu.

Sekarang anda tidak perlu khawatir karena dengan modal yang sedikit anda sudah bisa memiliki toko sendiri. Adapun nama toko tersebut adalah toko online. Pemanfaatan teknologi yang semakin canggih ini dapat membantu ekonomi masyarakat.

Toko online ini tidak perlu menyewa tempat untuk kios tapi penghasilan yang didapatkan jika tidak kalah penting dengan yang memiliki kios. Itulah dunia digitalisasi di era 2021. Memanfaatkan teknologi yang tepat akan membawa manfaat yang besar.

Baca juga:
Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Toko online biasanya disebut sebagai marketplace oleh kebanyakan masyarakat. Setelah anda memiliki toko online selanjutnya mengetahui barang yang akan anda jual. Untuk menjual produk juga tidak butuh modal yang besar.

Sekarang anda bisa memiliki jutaan produk dengan modal yang kecil. Cukup dengan menjadi reseller atau dropshipper anda bisa memiliki jutaan produk. Semakin menggiurkan bukan?

Adanya teknologi yang sudah berkembang pesat ini bisa anda manfaatkan untuk hal-hal yang positif. Sangat disayangkan jika teknologi ini hanya digunakan untuk yang kurang bermanfaat. Dari pada waktu tersita melihat smartphone begitu saja sebaiknya berjualan.

Sebelum anda berniat untuk membuka usaha salah satunya berjualan online maka harus ada berbagai persiapan. Selain itu anda juga perlu mengetahui ide apa saja yang cocok dan diminati banyak pembeli. Anda akan mendapatkan jawabannya selanjutnya.

Persiapan Sebelum Jualan di Marketplace

Sebelum anda memutuskan untuk berjualan di marketplace dengan menerapkan ide jualan 2021, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika berjualan di marketplace. Hal tersebut nantinya akan memberikan anda motivasi dan semangat untuk berjualan. Berikut inilah persiapannya.

  • Persiapan untuk membuat toko di marketplace

Persiapan membuat toko di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada; membutuhkan dokumen seperti halnya KTP, alamat email, Nomor handphone bisnis dan rekening bank. Jika anda sudah persiapkan maka anda bisa membuat toko online.

Selain itu anda juga membutuhkan branding atau nama toko sekaligus sebagai nama brand dari produk yang anda jual. Seperti halnya dindacraft, nama tersebut sebagai brand dan bergerak dalam penjualan kerajinan tangan.

  • Mengetahui apa saja peraturan dan fitur di marketplace

Membiasakan diri untuk taat pada peraturan adalah suatu hal yang wajib. Karena jika anda melanggar peraturan marketplace maka anda juga akan sulit untuk berjualan produk selanjutnya.

Silahkan anda nikmati saja fasilitas yang berupa fitur yang sudah disiapkan oleh marketplace. Nikmati prosesnya karena anda tinggal menggunakn tidak membuat berbagai fiturnya.

  • Menguasai produk yang akan dijual

Salah satu kunci sukses berjualan adalah Pintar jualan dengan memahami produk yang dijual. Jangan sampai menjual bingung atau ragu dalam memberikan penjelasan mengenai produk yang dijualnya kepada pembeli.

  • Membangun reputasi

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika membangun toko online yaitu membangun reputasi. Jika reputasi toko anda semakin baik maka pelanggannya juga akan semakin banyak begitu juga sebaliknya.

  • Memiliki jaringan komunikasi dengan penjual lainnya

Penjual satu dengan penjual yang lainnya bisa menjalin komunikasi untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal terbaru yang belum diketahui. Bisa jadi produk yang sedang populer di masa itu.

  • Belajar teknik pemasaran

Jika anda memutuskan untuk berjualan online maka anda butuh teknik pemasarannya. Begitu juga ketika anda berjualan offline. Teknik pemasaran bisa anda dapatkan dari pengalaman teman atau berbagai sumber valid lainnya.

  • Membangun sistem kerja dan tim kerja

Sistem kerja tersebut dapat menjadi patokan menuju kesuksesan. Buat tim yang memang sefrekuensi dengan anda. Mereka bisa dipercaya dan dapat mengerjakan tugas dengan baik dan amanah.

  • Menambahkan produk yang memiliki daya minat tinggi

Pengetahuan tentang produk yang sedang diminati menjadi hak yang perlu dilakukan oleh penjual. Karena dengan adanya produk yang populer ini banyak pelanggan akan berdatangan.

  • Berani bertanggung jawab dengan kesalahan yang terjadi

Jika anda melakukan kesalahan seharusnya bertanggung jawab. Seperti halnya terdapat kecacatan pada baju yang dijual. Maka anda harus menggantikannya dengan model yang sama persis. Cara tersebut bisa membuat reputasi baik.

  • Membangun hubungan baik dengan supplier dan pelanggan

Pelanggan dapat diibaratkan sebagai raja karena dengan adanya pelanggan toko bisa menjadi ramai pembeli. Untuk itu anda bisa belajar bersikap ramah dan memberikan pelayanan yang baik untuk pelanggan.

Selain itu anda juga harus membangun hubungan baik dengan supplier atau penyedia barang. Agar nantinya ketika anda membutuhkan barang bisa langsung disediakan.

  • Menyiapkan database untuk pelanggan

Anda bisa menyimpan daya pelanggan ketika anda melakukan transaksi. Database ini nantinya bisa anda gunakan untuk menginformasikan produk baru dari toko ataupun promo dari produk anda.

  • Menetapkan harga yang sewarnarnya

Penetapan harga berkaitan dengan keuntungan yang didapatkan. Sebaiknya harga yang diberikan ini sesuai dengan harga pasar pada umumnya. Biasanya jika barang yang dicari atau diminati semakin banyak maka harganya juga semakin naik.

Seperti halnya awal pandemi yang membuat harga masker bisa naik lebih dari dua puluh kali lipat dibandingkan harga awal. Tapi di salah satu toko besar tetap menyediakan harga normal.

Tidak seperti kebanyakan toko lainnya yang menaikkan harga. Pada akhirnya toko besar tersebut viral dan mendapatkan banyak pujian oleh masyarakat Indonesia.

Atas keputusan untuk membuat harga normal tersebut membuat saham toko naik sebesar sepuluh poin. Jika kebanyakan penjual mengambil keuntungan dengan adanya pandemi tapi yang satu ini justru ingin membantu.

Adanya keputusan harga tidak naik membuat reputasi toko menjadi semakin baik. Begitu ketika kamu memutuskan untuk membuat harga. Pastikan harga yang anda berikan sesuai dengan harga pada umumnya.

Bagaimana jika keuntungan yang didapatkan sedikit? Terdapat dua pilihan yaitu tetap menjualnya atau tidak menjualnya sama sekali. Daripada nantinya reputasi toko anda jelek karena harganya terlalu tinggi.

Hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap respon pelanggan. Apalagi sekarang terdapat media sosial yang memiliki kekuatan penyebaran informasi begitu cepat.

Hanya karena harga kurang normal pelanggan memberikan nilai jelek dengan upload di media sosial. Bisa jadi pelanggan anda yang lainnya ikut berpikiran negatif dan menghilang satu persatu.

Ide Jualan di Marketplace Tahun 2021 yang Menguntungkan dan Paling Laris Banyak Dicari

Ide jualan 2021 yang menguntungkan banyak sekali hanya saja merealisasikannya yang sulit. Terbawa perasaan ragu dan modal yang kurang mencukupi. Menjadikan ide pada akhirnya hanya angan belaka.

Berikut ini beberapa ide berjualan di marketplace yang bisa anda terapkan sekarang juga.

Makanan

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis yang tak lekang oleh waktu. Karena makan menjadi hal pokok yang dibutuhkan. Jika anda memutuskan untuk menjual makanan bisa memilih delivery order ataupun makanan instan.

Apalagi sekarang sudah banyak jasa pengantar makanan sampai tujuan. Tentunya akan membuat anda memudahkan pemasaran makanan. Usahana mencari bisnis makanan yang cocok untuk semua kalangan.

Baca juga:
Ide Jualan Makanan Laris Manis

Pakaian pria dan wanita

Selain makanan produk yang banyak dicari yaitu pakaian wanita dan pria. Jika anda berminat untuk menjual produk pakaian sebaiknya anda juga harus tahu tren dari masa ke masa.

Apalagi sekarang sudah ada aplikasi perbelanjaan yang simple dan praktis tidak perlu keluar rumah. Hanya dengan menjelajahi dunia maya pesanan sudah bisa diantar sampai rumah.

Ketika anda ingin berbisnis pakaian pastikan dulu target yang anda tuju. Apalah pakaian anak-anak, dewasa atau remaja. Selalu pastikan gaya pakaian yang anda pilih sesuai dengan target.

Smartphone

Smartphone menjadi produk yang banyak dicari masyarakat di era digitalisasi. Semakin banyak keluaran produk smartphone semakin banyak juga pelanggan yang ingin membelinya.

Terlebih lagi smartphone yang dijual memiliki fitur yang canggih berbeda dengan merk lainnya. Pastinya banyak orang yang iri ingin memilikinya. Keinginan untuk membeli smartphone juga dikarenakan tuntutan serba online berbagai kegiatan.

Sepatu dan sandal

Salah satu produk pelengkap pakaian yaitu sepatu dan sandal. Anda bisa menjual high heels sampai sneakers dari berbagai merk brand lokal maupun brand dunia.

Sekarang sudah banyak brand dunia yang membuka toko online. Jadi anda bisa ikut membuka toko dengan brand dunia yang disediakan. Apalagi jika anda berniat untuk menjual sepatu sneakers.

Salah satu merk sepatu yang banyak dicari oleh orang-orang fashionable karena limited edition. Sekali bertransaksi sepatu ini, anda bisa meraih keuntungan yang banyak.

Produk kecantikan

Bisnis jualan online produk kecantikan juga bisa menjadi ide jualan untung marketplace. Sekarang banyak yang memilih untuk membeli skin care atau makeup lewat online.

Hal yang perlu diingat jualan produk kecantikan yang aman untuk pelanggan. Seperti halnya sudah terverifikasi BPOM dan MUI. Agar nantinya pelanggan tidak kecewa dengan produk yang anda jual.

Untuk bisa menyakinkan lagi anda bisa memperlihatkan video review dari produk kecantikan yang dijual. Biasanya pelanggan akan lebih percaya jika terdapat video review produk.

Busana muslim

Kebutuhan akan busana muslim di pasar ini membuat banyak orang untuk berjualan busana muslim. Apalagi jika menjelang Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri bagi umat muslim.

Apalagi di Indonesia kebanyakan penduduknya beragama islam. Jadi jualan busana muslim bisa menjadi ide jualan online yang mendatangkan keuntungan.

Rangkuman

Bagaimana menurut anda dari penjelasan yang ada di artikel ini. Apakah membantu anda dalam menemukan ide jualan di marketplace tahun 2021 supaya lebih menguntungkan. Tentunya informasi tersebut sangat bermanfaat.

Apalagi untuk anda yang sedang bingung mencari usaha atau bisnis yang cocok, mudah dan cepat mendapatkan keuntungan. Salah satu ide tersebut bisa anda tekuni agar bisa berkembang menjadi lebih pesat lagi.

Jika jualan berkembah pesat maka ide jualan anda akan menjadi ide jualan 2021 yang menguntungkan. Bisa anda jadikan pengalaman kepada teman, saudara atau siapapun untuk tidak mudah menyerah dalam mengambil langkah berbisnis.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *