12 Cara Menjadi Marketing Sukses & Handal Untuk Pemula

Arum 17 Mei 2022 7 Menit 0

Adapun beberapa poin-poin penting dari product knowledge yang harus dikuasai seorang marketer, antara lain :

  • Fungsi dan kegunaan produk.
  • Cara menggunakan.
  • Kualitas produk.
  • Harga.
  • Kelebihan dan kekurangan.
  • Bahan produk, dll.

Berikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna oleh konsumen. Tujuannya supaya para calon konsumen bisa yakin untuk memilih produk atau jasa yang kamu promosikan.

3. Mengerti Perilaku Konsumen

Trik marketing penjualan salah satunya harus bisa mengerti perilaku konsumen. Contoh marketing yang handal yaitu mampu memahami kebutuhan konsumen, tipe konsumen, hingga karakteristik konsumen.

Apalagi seorang konsumen dalam dunia bisnis adalah seorang raja. Jadi apapun yang menjadi kebutuhan seorang konsumen, seorang marketing harus mampu menjawab dan menyediakan sesuai keinginan konsumen.

Maka dari itu, komunikasi yang baik sangat penting dilakukan. Nah, cara berbicara marketing yang baik yaitu harus ramah, loyal, dan memberikan informasi dengan jelas dan detail.

4. Up To Date Mengenai Ilmu Marketing

Ilmu marketing setiap waktu akan terus mengalami perkembangan. Apalagi saat ini marketing tidak lagi secara konvensional dan sudah menjalar ke digital marketing.

Lalu, gimana sih untuk selalu up to date mengenai ilmu terbaru dari marketing? Caranya yaitu bisa belajar melalui cara berikut ini :

  • Belajar dari buku-buku terbaru mengenai marketing.
  • Belajar melalui artikel yang membahas mengenai marketing.
  • Mengikuti kelas online yang memberikan pembahasan mengenai digital marketing, berikut rekomendasi kursus online yang bisa kamu ikuti :
    • Udemy,
    • Coursera,
    • Wordstream’s PPC University,
    • Google Online Marketing Challenge,
    • Program Master Marketer pada Simplilearn,
    • dll.
  • Mengikuti workshop, seminar, dan kursus secara offline.
  • Gabung komunitas mengenai marketing.

Dari cara-cara diatas tentu akan menambah pengetahuan kamu secara mendalam mengenai marketing.

5. Memperluas Relasi Jaringan Bisnis

Kunci sukses menjadi seorang marketer yang handal yaitu mempunya jaringan bisnis dan relasi yang luas. Jika kamu belum mempunyai relasi bisnis yang luas, maka bisa memulainya dari sekarang.

Ya, karena relasi yang luas tentu akan sangat memudahkan kamu dalam mempromosikan produk dan menjangkau target yang lebih luas.

Selain itu, relasi akan banyak bermanfaat dalam kemajuan usaha. Misalnya dalam memperoleh modal untuk mengembangkan usaha, biasanya relasi bisnis ini akan membantu kita.

Jika bertambah satu saja relasi bisnis, pasti akan berpeluang besar menyebarkan informasi ke jaringan-jaringan bisnis yang lain. Nah, jika semakin luas maka banyak konsumen baru yang tahu dan mengenali perusahaan kamu.

Untuk itu, selalu menjaga komunikasi sesama relasi bisnis akan sangat bermanfaat untuk kemajuan bisnis.

Lalu, gimana sih cara memperluas relasi jaringan bisnis ini? Berikut cara-cara yang bisa kamu coba :

  • Mengikuti event marketing yang diadakan secara langsung.
  • Mengikuti webinar, seminar, workshop digital marketing lewat media online.
  • Memanfaatkan media sosial dengan bergabung ke komunitas bisnis seperti WhatsApp Group, Telegram Group, Linkedin, dll.

6. Selalu Berusaha dan Pantang Menyerah

Usaha marketing memang tidak akan langsung berhasil dengan sukses. Banyak sekali hambatan dan tantangan yang tidak terduga.

Apalagi seorang marketing biasanya mempunyai target tertentu yang sudah diatur oleh perusahaan. Jika tidak mencapai target, tentu akan berpengaruh ke penghasilan yang didapatkan.

Jadi, sangat penting ditanamkan dalam pikiran untuk selalu yakin, pantang menyerah, percaya diri, dan bisa menghadapi segala rintangan.

Karena mindset tersebut tentu juga akan mempengaruhi calon konsumen. Jika kita tidak percaya diri, tentu saja calon konsumen juga akan ragu untuk percaya terhadap jasa atau produk yang kita tawarkan.

Maka dari itu, cara menjadi marketing sukses kunci utamanya harus yakin, percaya diri, dan pantang menyerah.

7. Menjaga Nama Baik Perusahaan

Selain memahami mengenai produk, marketing perusahaan juga harus memahami perusahaan tempat mereka bekerja.

Biasanya banyak konsumen yang menanyakan pertanyaan yang tidak terduga. Tidak menanyakan produk malah menanyakan perusahaannya.

Nah, karena perilaku konsumen berbeda-beda, jadi harus mampu menjawabnya. Pertanyaan mengenai perusahaan pun tidak terlalu rumit untuk dijawab.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Arum
Ditulis oleh

Arum

Tetap semangat dan menjadi orang lebih baik setiap harinya. Yuk bisa yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *