Cara Menghapus Akun Google dengan Mudah

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
10 September 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara menghapus akun Google bisa dilakukan dengan mudah lewat perangkat mobile maupun desktop. Bisa kamu praktekkan langsung apabila memang ingin menghilangkan data diri beserta akunnya.

Dalam tulisan ini juga akan kami bahas beberapa hal lain secara lebih detail, mengenai:

  • Sekilas tentang penghapusan akun Gmail/Google
  • Menghapus akun Google lewat desktop dan iPhone
  • Mengembalikan akun Google yang terhapus
  • Alasan kenapa perlu menghapus akun Google

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menghapus Akun Gmail

Ada beberapa hal yang perlu Anda pikirkan sebelum Anda menghapus akun Gmail, antara lain sebagai berikut:

  1. Saat Anda menghapus akun Gmail, itu untuk selamanya. Yah, cukup banyak (lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut). Ketika Anda melalui proses dan menekan tombol, itu final. Anda tidak dapat lagi mengirim atau menerima email dari alamat Gmail tersebut. Semua email akan hilang, semua data Anda akan hilang, dan Anda tidak akan dapat mengakses nama pengguna lagi.
  2. Anda dapat mengunduh semua data sebelumnya, yang perlu Anda akses melalui Google Takeout.
  3. Jika Anda mendaftar ke layanan apa pun menggunakan email itu, Anda tidak dapat lagi menyetel ulang sandi Gmail . Pikirkan baik-baik sebelum menghapus akun Anda.
  4. Hal yang sama berlaku untuk akun yang Anda daftarkan untuk menggunakan akun Gmail itu. Kemungkinan Anda juga tidak akan dapat mengaksesnya di masa mendatang.
  5. Menghapus akun Gmail tidak menghapus produk Gmail lainnya. Anda tetap dapat menggunakan Google Drive dan Google Foto – hanya email dan data yang terkait dengan Gmail yang akan dihapus.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita masuk ke panduan langkah demi langkah.

Menghapus Akun Gmail di Desktop Anda

Langkah 1. Pertama-tama Anda harus masuk ke Akun Google Anda dan menuju ke bagian Manajemen .

Langkah 2. Anda seharusnya dapat melihat kotak di sebelah ikon pengguna Anda. Klik ini, lalu pilih opsi Akun .

Langkah 3.  Di navigasi sebelah kiri, pilih Data & personalisasi.

Langkah 4. Ini akan membuka jendela baru. Pilih Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda . Kemudian pilih Hapus layanan .

Langkah 5. Pada titik ini, Anda mungkin harus masuk untuk alasan keamanan. Jika diminta, lakukan ini. Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan akun Gmail Anda.

Langkah 6. Pilih Hapus lalu ikuti petunjuk yang diberikan Google untuk menghapus akun Anda.

Menghapus Akun Gmail di iPhone Anda

Langkah 1 . Pastikan Anda memiliki aplikasi Gmail di perangkat Anda.

Langkah 2. Buka aplikasi Gmail lalu pilih Menu .

Langkah 3. Dari sana, pilih Pengaturan diikuti oleh akun Anda dan akhirnya Kelola akun Google Anda .

Langkah 4. Cari Data & personalisasi dan klik itu.

Langkah 5. Ini akan membuka jendela baru. Pilih Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda . Kemudian pilih Hapus layanan .

Langkah 6.  Pada titik ini, Anda mungkin harus masuk untuk alasan keamanan. Jika diminta, lakukan ini. Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan akun Gmail Anda.

Langkah 7 . Pilih Hapus lalu ikuti petunjuk yang diberikan Google untuk menghapus akun Anda.

Bacaan Tambahan: Cara Menghapus semua Email di Gmail

Menghapus Akun Gmail di Ponsel Android Anda

Langkah 1. Di perangkat Android Anda, buka opsi Pengaturan .

Langkah 2. Gulir ke bawah dan Anda seharusnya dapat menemukan bagian Google di dalam Pengaturan .

Langkah 3. Pilih akun Google.

Langkah 4. Anda kemudian perlu menemukan opsi Data & Personalisasi . Klik ini.

Langkah 5. Pilih Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda . Kemudian pilih Hapus layanan .

Langkah 6 Pilih Hapus dan kemudian ikuti instruksi yang diberikan Google untuk menghapus akun Anda.

Bisakah Anda Memulihkan Akun Gmail yang Dihapus?

Ini * mungkin * mungkin bagi Anda untuk memulihkan akun Gmail dihapus jika Anda cukup cepat. Waktu sangat penting di sini.

Jika Anda berubah pikiran dan ingin mencoba memulihkan akun Gmail yang terhapus, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini.

Langkah 1. Kepala ke Google Pemulihan halaman.

Langkah 2. Ketikkan alamat email yang Anda coba pulihkan dan klik Berikutnya .

Langkah 3. Jika Anda mendapatkan pesan bahwa akun tidak ada, kami khawatir Anda kurang beruntung. Akun sepenuhnya dihapus.

Langkah 4. Jika Anda mendapatkan prompt untuk menambahkan kata sandi terakhir yang diketahui, maka Anda beruntung. Masukkan kata sandi.

Langkah 5. Sekarang Anda akan melihat pesan sukses.

Langkah 6. Klik pada kisi Google Apps di sudut kanan atas. Pilih Gmail lalu masukkan nomor telepon Anda untuk keperluan verifikasi. Klik Kirim. 

Langkah 7. Pilih bagaimana Anda ingin memverifikasi – baik melalui panggilan telepon atau SMS.

Langkah 8. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima.

Langkah 9. Itu saja – Anda telah berhasil memulihkan akun Gmail yang terhapus.

Alasan Utama Orang Ingin Menghapus Akun Gmail mereka

Ada banyak alasan mengapa seseorang mungkin ingin menghapus akun Gmail mereka. Mari kita lihat beberapa yang paling umum:

Nama Pengguna yang Memalukan

Beberapa orang mungkin merasa malu dengan nama pengguna mereka. Ini terutama benar jika mereka membuatnya ketika mereka masih muda. Selain itu, Anda mungkin ingin mengubah email Anda agar terdengar lebih profesional untuk menarik pemberi kerja, rekrutan, atau klien saat ini dan di masa mendatang.

Sederhanakan

Beberapa orang memiliki alamat email yang rumit dengan campuran angka, huruf, atau ejaan yang rumit. Ini bisa menjadi penghalang saat berkomunikasi dalam bisnis, dan juga menyulitkan saat mengisi formulir atau membagikan alamat email Anda secara umum. Jadi, beberapa orang ingin menghapus Gmail mereka saat ini dan memilih nama pengguna yang lebih sederhana.

Dikompromikan

Serangan dunia maya bukanlah lelucon. Peretas saat ini memiliki metode canggih untuk menyadap komunikasi dan mendapatkan akses ke kata sandi dan akun Anda. Jadi, jika Anda tidak menyiapkan otentikasi dua faktor, itu dapat menyebabkan akun Gmail Anda disusupi. Ini membuat orang menutup akun lama mereka.

Terlalu Banyak Spam

Beberapa pesan spam cukup mengganggu. Tetapi ketika kotak masuk Anda penuh dengan mereka, itu bisa menjadi tak tertahankan. Jika Anda memiliki satu alamat email untuk waktu yang lama, ini memberi lebih banyak waktu bagi spammer untuk menemukan Anda. Beberapa orang menghapus Gmail mereka untuk menghindari pesan spam yang masuk.

Seperti penyedia email lainnya

Gmail memiliki sejumlah fitur hebat, tetapi ada penyedia lain di luar sana. Terkadang, orang hanya memilih untuk menggunakan penyedia yang berbeda dan karena alasan itu mereka menghapus alamat Gmail mereka.

3 Alasan Tidak Menghapus Akun Gmail Anda

Ada beberapa alasan sah mengapa orang memilih untuk menghapus akun Gmail mereka. Namun, ini tidak selalu merupakan ide yang baik. Di bagian ini, kami akan membahas 3 alasan penting teratas yang harus Anda pertimbangkan untuk tidak menghapus akun Gmail Anda:

1. Masuk untuk Situs dan Layanan Penting

Seiring waktu, Anda mungkin telah menggunakan akun Gmail Anda sebagai metode masuk untuk berbagai layanan. Ini bisa berupa aplikasi web, media sosial, perbankan, dan bahkan lebih. Layanan ini berkisar dari ‘mewah’ hingga ‘penting.’ Jadi sebelum langsung menghapus akun Gmail Anda, pastikan untuk meluangkan waktu dan meninjau semua akun Anda untuk memastikan Anda tidak terkunci dari layanan penting.

2. Kehilangan Akses ke Layanan Google

Bersama dengan layanan pihak ketiga, mematikan akun Gmail Anda juga berarti kehilangan kemampuan untuk menggunakan banyak layanan Google — banyak di antaranya sangat berguna dan bahkan gratis. Ini termasuk Google Documents, Google Drive, Google Spreadsheet, dan Google Foto untuk mereka yang menggunakan ponsel Android.

3. Mungkin Kehilangan Email Penting

Email adalah platform komunikasi utama untuk hal-hal penting. Ini termasuk komunikasi bisnis, pribadi, pemerintah, dan keuangan. Oleh karena itu, hal terakhir yang Anda inginkan adalah melewatkan email penting dari bank, pemerintah, atau klien penting Anda. Pastikan Anda mentransfer semua kontak Anda ke alamat baru, atau pertimbangkan untuk menghapus akun Gmail Anda sama sekali untuk menghindari email penting yang terlewatkan.

 

Menghapus FAQ Akun Gmail

Apa yang terjadi ketika saya menghapus akun Gmail saya? 

Meskipun menghapus akun Gmail Anda bersifat permanen, Anda mendapatkan waktu singkat untuk memulihkannya sebelum semua data hilang. Lihat langkah-langkah di atas untuk mencoba memulihkan akun yang dihapus.

Bisakah saya menghapus akun Gmail saya tanpa mengetahui kata sandinya? 

Tidak. Anda harus mengetahui kata sandi untuk dapat menghapus akun Gmail Anda.

Haruskah saya menghapus akun Gmail saya? 

Pertimbangkan mengapa Anda berpikir untuk menghapus akun Gmail Anda. Apakah itu terhubung ke layanan apa pun? Apakah Anda yakin bahwa Anda tidak perlu menggunakannya lagi? Apakah ada sesuatu dalam email yang mungkin Anda perlukan lagi di masa mendatang?

Jangan pernah menghapus akun Gmail secara sembarangan, karena bisa jadi nanti Anda akan menyesal.

Ringkasan

Seperti yang Anda lihat, menghapus akun Gmail cukup mudah. Tidak peduli perangkat mana yang Anda hapus, langkah-langkahnya mudah diikuti dan cukup mirip.

Jangan lupa bahwa menghapus akun Gmail Anda tidak menghapus akun Google utama Anda. Pastikan Anda mengetahui perbedaannya – Anda tidak ingin berpikir bahwa Anda menghapus akun Gmail Anda dan akhirnya secara tidak sengaja menghapus akun Google Anda dan semua data terkait.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *