Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Permanen

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
08 September 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara mengembalikan chat WA yang terhapus (sengaja maupun tidak) bisa dilakukan dengan beberapa metode. Namun akan ada langkah-langkah khusus yang mungkin bagi sebagian orang terbilang cukup teknis.

Pun, cara-cara yang akan dibahas kali ini tidak menjamin seluruh chat kamu akan pulih seperti semula. Secara lebih rinci, kita akan sama-sama mendalami tentang:

  • Pencadangan chat di aplikasi WhatsApp
  • Mengembalikan chat yang berada di arsip (archive)
  • Cara memulihkan pesan dan media di WhatsApp

Sebelum masuk ke topik bahasan, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Sekilas Tentang Cadangan WhatsApp

Sayangnya, kamu hanya bisa memulihkan pesan di WhatsApp apabila sebelumnya mengaktifkan pencadangan chat (Cadangkan Obrolan). Fitur ini bisa kamu aktifkan melalui menu Pengaturan, lalu buka Obrolan > Cadangkan Obrolan.

Pilih opsi Pencadangan Otomatis (untuk iOS) atau Cadangkan ke Google Drive (untuk Android) untuk menyimpan arsip chat. Lalu, pilih durasi pencadangan otomatis yang akan dipakai:

  • Harian
  • Mingguan
  • Bulanan
  • Tidak pernah dicadangkan

Untuk ponsel Android, secara otomatis memang sudah melakukan pencadangan lokal setiap malam – selama 7 hari terakhir. Artinya, file chat terakhir akan disimpan secara otomatis di file manager. Tapi, pencadangan lokal ini tidak akan bisa digunakan apabila ponsel kamu hilang.

(Makanya, kita perlu melakukan pencadangan otomatis secara online melalui Google Drive.)

Kemudian untuk ponsel iPhone, mereka hanya menyimpan file cadangan terbaru. Frekuensi pencadangan (harian hingga bulanan) perlu diperhitungkan, terlebih bagi kamu pengguna iPhone.

Masing-masing frekuensi pencadangan punya kelebihan dan kekurangan. Apabila mingguan, mungkin tidak terlalu repot update tiap hari. Namun backup chat yang akan di-restore hanya tidak akan up-to-date (melainkan 7 hari sebelumnya). Silakan pilih sesuai kebutuhan.

Cara Memulihkan Arsip Chat di WhatsApp

Sebelum kita melihat bagaimana caranya untuk mengembalikan pesan Whatsapp yang terhapus, ada kemungkinan kamu mengarsipkannya, bukan menghapusnya.

Lalu, apa bedanya?

Pengarsipan akan menghapus pesan dari daftar chat di laman WhatsApp. Sama saja disembunyikan untuk sementara waktu. Kamu hanya dapat melihatnya ketika menggulir ke bagian paling bawah, baru mengetuk pesan yang diarsipkan. Obrolannya tetap bisa diakses, bukan dihapus.

Untuk membatalkan pengarsipan obrolan di iPhone, kamu tinggal menggoyangkan perangkat dan memilih tombol Urungkan. Sedangkan untuk cara pemulihan chat yang diarsipkan secara lebih rinci.

Untuk membatalkan pengarsipan obrolan WhatsApp di iPhone:

  1. Gulir ke atas dalam daftar obrolan hingga Obrolan yang Diarsipkan muncul.
  2. Ketuk di atasnya, lalu geser dari kanan ke kiri pada obrolan yang ingin Anda pulihkan.
  3. Tekan tombol Unarchive yang muncul.

Untuk membatalkan pengarsipan obrolan di Android:

  1. Gulir ke bagian bawah daftar obrolan dan ketuk Obrolan yang diarsipkan (X).
  2. Tekan dan tahan pada obrolan yang ingin Anda pulihkan.
  3. Ketuk ikon batalkan pengarsipan di kanan atas, yang terlihat seperti kotak dengan panah menghadap ke atas.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Dihapus

Ingin tahu bagaimana cara mengembalikan pesan WhatsApp yang dihapus setelah mencadangkannya? Anda dapat memulihkan cadangan WhatsApp Anda hanya dengan mencopot dan menginstal ulang WhatsApp di perangkat Anda.

Saat Anda menginstal ulang aplikasi, Anda akan diminta untuk memulihkan riwayat pesan Anda dari file cadangan. Ketuk Pulihkan dan Anda akan mengambil semuanya dari cadangan terbaru. Pastikan untuk melakukannya saat diminta, karena Anda tidak dapat memulihkan file cadangan nanti.

Metode memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus ini berfungsi di Android dan iPhone, selama Anda memiliki cadangan. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat memulihkan pesan yang dicadangkan dalam frekuensi pencadangan otomatis yang Anda pilih.

Misalnya, jika Anda telah menyetel aplikasi untuk dicadangkan setiap hari, Anda dapat memulihkan obrolan yang dihapus sebelum pencadangan harian berikutnya terjadi. Tetapi jika aplikasi telah membuat cadangan baru sejak Anda menghapus pesan tertentu, itu akan hilang untuk selamanya.

Cara Memulihkan Media yang Dihapus di WhatsApp

Mudah-mudahan, memulihkan file cadangan Anda memungkinkan Anda untuk mengambil media yang dihapus dari obrolan Anda.

Di Android, Anda cukup membuka aplikasi file explorer dan menavigasi ke /WhatsApp/Media . Dari sana, cukup saring folder hingga Anda menemukan foto yang dihapus yang ingin Anda pulihkan.

Di iPhone, Anda harus memiliki salinan cadangan gambar yang disimpan ke perangkat Anda jika Anda mengaktifkan opsi Simpan ke Rol Kamera di Pengaturan > Obrolan di WhatsApp.

Periksa panduan di atas untuk metode tambahan pemulihan media.

Baca juga:

Cara Memulihkan Obrolan Lama yang Dihapus di WhatsApp

Mendapatkan kembali pesan yang dihapus setelah cadangan WhatsApp baru berjalan sedikit lebih sulit. Keberhasilan Anda akan tergantung pada frekuensi pencadangan otomatis yang Anda pilih.

Perhatikan bahwa strategi di bawah ini hanya berfungsi pada perangkat Android, karena OS memungkinkan Anda mengakses file cadangan lokal. Jika Anda menggunakan iPhone, satu-satunya metode Anda yang lain adalah memulihkan cadangan iPhone yang Anda buat sebelum menghapus obrolan WhatsApp. Ada aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dapat membantu Anda memulihkan obrolan WhatsApp, tetapi mereka tidak murah dan tidak menawarkan jaminan.

Sebelum kita menyelami prosesnya, berikut ini ikhtisar memulihkan obrolan WhatsApp lama di Android:

  1. Buka aplikasi file explorer di perangkat Anda.
  2. Arahkan ke /WhatsApp/Databases .
  3. Ganti nama msgstore.db.crypt12 menjadi msgstore-latest.db.crypt12 .
  4. Ganti nama msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12 .
  5. Hapus instalan WhatsApp.
  6. Jika Google Drive backup diaktifkan, buka Google Drive, geser menu sebelah kiri, tekan Backup , dan menghapus WhatsApp file cadangan.
  7. Instal ulang WhatsApp.
  8. Saat diminta, pulihkan dari file cadangan.

Cara Mengembalikan Obrolan WhatsApp Lama yang Dihapus di Android

Seperti yang disebutkan sebelumnya, WhatsApp di Android menyimpan beberapa hari file cadangan obrolan. Salah satunya, tentu saja, cadangan obrolan terbaru. Yang lain, tergantung pada frekuensi pencadangan otomatis Anda, bisa berumur satu hari atau beberapa hari. Selain cadangan cloud Google Drive, WhatsApp menyimpan cadangan ini di penyimpanan lokal perangkat Anda.

Buka aplikasi penjelajah file perangkat Anda (Files by Google adalah opsi yang baik jika Anda belum menginstalnya), dan navigasikan ke /WhatsApp/Databases . Tergantung pada perangkat Anda, folder WhatsApp mungkin muncul di bawah /sdcard/ , /storage/ , Memori Internal , atau yang serupa.

Di dalam folder itu, Anda akan menemukan berbagai file cadangan obrolan. Yang terbaru bernama msgstore.db.crypt12 , sedangkan yang lain terlihat seperti msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 . Seperti yang Anda harapkan, YYYY-MM-DD mewakili tahun, bulan, dan tanggal (masing-masing) saat file dibuat.

Untuk mengambil pesan WhatsApp yang terhapus di antara dua pencadangan, cukup lakukan hal berikut:

  1. Ganti nama msgstore.db.crypt12 menjadi msgstore-latest.db.crypt12 . Ini mengubah file cadangan terbaru, karena Anda akan memberi nama cadangan lama untuk memulihkannya.
  2. Selanjutnya, ganti nama file msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 yang ingin Anda pulihkan menjadi msgstore.db.crypt12 .

Setelah ini, hapus instalan WhatsApp. Jika Anda telah mengaktifkan pencadangan awan Google Drive, buka aplikasi Google Drive, geser keluar menu kiri, dan pilih Cadangan . Anda akan melihat file cadangan WhatsApp dengan nomor telepon Anda di dalamnya. Ketuk Menu tiga titik di sebelah kanan ini dan pilih Hapus cadangan untuk menghapusnya.

Melakukan hal ini mencegah WhatsApp menggunakan file cadangan di Google Drive alih-alih file lokal yang ingin Anda pulihkan.

Sekarang, instal ulang WhatsApp dari Play Store. Selama proses penyiapan, Anda akan diminta untuk memulihkan dari file cadangan yang baru saja Anda ubah—itu akan ditampilkan sebagai X hari, bukan file cadangan terbaru. Konfirmasi pemulihan dari file ini.

Itu saja yang harus Anda lakukan untuk mengambil pesan WhatsApp yang dihapus dari cadangan lama. Setelah Anda memulihkan pesan tersebut, jangan ragu untuk mulai menggunakan WhatsApp seperti biasa lagi.

Cara Mengekspor Pesan WhatsApp yang Diperoleh dan Kembali ke Cadangan Terbaru

Saat Anda melakukan hal di atas, Anda akan kehilangan semua pesan yang dibuat sejak cadangan yang Anda pulihkan. Jika Anda hanya melakukan proses itu untuk memulihkan beberapa pesan yang dihapus, dan tidak ingin kehilangan pesan terbaru, Anda dapat mengekspor pesan obrolan yang diambil dan kemudian memulihkan WhatsApp ke cadangan terbaru. Anda harus menjalankan seluruh proses lagi, tetapi itu tidak sulit.

Untuk mengekspor pesan, buka obrolan berisi pesan yang ingin Anda simpan. Ketuk tombol Menu tiga titik di kanan atas, diikuti oleh Lainnya > Ekspor obrolan . Jika obrolan memiliki media, Anda akan melihat opsi untuk mengekspor Tanpa media atau Menyertakan media .

Termasuk media akan menambahkan semua gambar terbaru sebagai lampiran, yang jelas meningkatkan ukuran file ekspor. Anda dapat mengekspor hingga 10.000 pesan dengan media, atau 40.000 pesan tanpa media.

Setelah Anda menentukan pilihan, pilih aplikasi di ponsel Anda untuk membagikan file teks (dan lampiran, jika ada) yang berisi pesan Anda. Anda dapat mengirim email ini ke diri Anda sendiri, menambahkannya ke penyimpanan cloud, atau sejenisnya. Ulangi ini untuk obrolan lain dengan pesan yang ingin Anda simpan.

Setelah Anda selesai mengekspor, ikuti langkah-langkah di bagian di atas lagi. Saat Anda ingin mengganti nama file cadangan, balikkan prosesnya:

  1. Ganti nama msgstore.db.crypt12 yang ada (yang berisi pesan yang Anda ambil) menjadi msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 , menggunakan tanggal hari ini. Jika sudah ada file dengan tanggal hari ini, gunakan DD.2 sebagai gantinya.
  2. Selanjutnya, ganti nama msgstore-latest.db.crypt12 (cadangan terbaru yang dibuat saat Anda memulai) kembali ke msgstore.db.crypt12 .

Copot pemasangan WhatsApp, hapus cadangan Google Drive Anda lagi jika perlu, dan instal ulang aplikasi. Setelah Anda memulihkan dari cadangan, obrolan terbaru Anda akan muncul kembali. Pesan yang Anda ekspor tidak akan muncul di dalam WhatsApp, tetapi Anda setidaknya dapat melihatnya di file teks kapan pun Anda mau.

Strategi Cadangan WhatsApp Tingkat Lanjut untuk Android

Karena Anda dapat dengan mudah melihat dan mengedit file cadangan obrolan WhatsApp di Android, mudah untuk memanipulasinya jika Anda mau. Mengganti nama mereka memungkinkan Anda untuk menyimpan file cadangan sebanyak yang Anda inginkan.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti nama cadangan dalam format msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi format lain, seperti oct11.db.crypt12 atau 2021-June-Backup . Karena file ini tidak menggunakan konvensi penamaan WhatsApp, file ini sekarang dilindungi dari penimpaan WhatsApp.

Pertimbangkan untuk membuat file cadangan Anda sendiri dengan cara ini setiap bulan atau lebih. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan banyak pesan jika harus memulihkan dari cadangan lama. Untuk keamanan lebih, Anda harus menyalin file cadangan ini ke penyimpanan cloud atau komputer Anda sehingga aman jika ponsel Anda berhenti bekerja.

Pulihkan Pesan WhatsApp untuk Melestarikan Kenangan

Seperti yang Anda lihat, cukup mudah untuk memulihkan pesan WhatsApp yang terhapus. Namun, ini hanya terjadi jika Anda telah mencadangkan pesan sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa strategi pencadangan lanjutan layak disiapkan jika Anda pengguna Android. Pemilik iPhone tidak memiliki banyak pilihan.

Sekarang setelah Anda tahu bahwa Anda tidak akan kehilangan pesan WhatsApp di masa mendatang, ada baiknya untuk menemukan beberapa fitur keren WhatsApp lainnya yang tidak langsung terlihat.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *