Advertisement

Cara Mendapatkan Shopee Pinjam [SPinjam] Mudah dan Cepat

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
24 Februari 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kamu mau coba fitur Shopee Pinjam atau SPinjam tapi bingung bagaimana cara mengajukannya? Tenang, kali ini kami akan memberi informasi seputar cara mendapatkan Shopee Pinjam.

Shopee Pinjam atau SPinjam sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Shopee Paylater. Hanya cara daftarnya saja yang berbeda. Cara daftar Shopee Paylater sedikit lebih mudah.

Oiya, sebelum mengulas seputar cara mendapatkan Shopee Pinjam, yuk simak dulu apa sih sebenarnya Shopee Pinjam dan adakah syarat serta ketentuan untuk mendapatkannya.

Apa itu Shopee Pinjam [SPinjam]?

Selain ada fitur paylater, di Shopee kamu juga bisa menemukan fitur Shopee Pinjam atau SPinjam. Dengan fitur Shopee Pinjam tersebut kamu bisa meminjam uang melalui Shopee.

Jadi, Shopee Pinjam adalah semacam layanan pinjam uang di Shopee. Uang tersebut nantinya bisa digunakan oleh pengguna Shopee terpilih untuk berbagai keperluan.

Shopee Pinjam atau SPinjam sendiri merupakan produk layanan pinjaman tunai yang sebenarnya disediakan oleh PT Lentera Dana Nusantara kepada para pengguna Shopee yang terpilih.

Sampai di sini sudah cukup jelas? Intinya, Shopee Pinjam atau SPinjam adalah salah satu fitur dari Shopee yang bisa digunakan untuk meminjam uang 🙂

Syarat Shopee Pinjam [SPinjam]

Agar bisa mendapat Shopee Pinjam, kamu harus memenuhi beberapa syarat yang diajukan oleh pihak Shopee. Berikut ini syarat untuk mendapatkan Shopee Pinjam.

  1. Kamu tidak pernah terlambat melakukan pembayaran tagihan SPayLater
  2. Kamu tidak pernah terlambat melakukan pembayaran tagihanSPinjam
  3. Kamu tidak pernah terlambat melakukan pembayaran tagihan Dana Cepat

Syarat-syarat tersebut khusus bagi kamu yang baru pertama kali menggunakan Shopee Pinjam. Jika untuk kali kedua, kamu baru bisa mengajukan pinjaman selama;

  1. Semua pinjaman sudah berhasil diproses dan ditransfer ke rekening
  2. Masih memiliki sisa limit pinjaman
  3. Tidak ada tagihan yang melewati jatuh tempo

Pinjaman yang kedua adalah limit yang belum dipakai. Misalnya, kamu mendapat limit Rp 15.000.000, tapi kamu hanya memakai Rp 5.000.000. Artinya ada limit Rp 10.000.000.

Nah, kamu bisa mengajukan pinjaman kembali sesuai dengan sisa limit tersebut. Namun, tetap dengan syarat pinjaman yang pertama sudah diproses dan selesai.

Cara Mendapatkan Shopee Pinjam [SPinjam]

Sebelum mengajukan pinjaman, pengguna Shopee yang terpilih akan mendapat fitur Aktifkan SPinjam. Buat kamu yang terpilih, berikut cara mengaktifkan SPinjam melalui aplikasi Shopee.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Saya, ada di pojok kanan bawah
  3. Pilih SPinjam
  4. Pilih Aktifkan Sekarang
  5. Masukkan Kode OTP dan pilih Lanjut
  6. Masukkan Informasi Tambahan, lalu pilih Konfirmasi
  7. Lakukan Verifikasi Wajah
  8. Selesai

Buat kamu yang selalu gagal ketika proses masukkan kode OTP, kamu bisa ikuti panduan bagaimana Cara Mengatasi Kode OTP Tidak Masuk.

Setelah proses aktivasi Shopee Pinjam atau SPinjam selesai, kamu baru bisa mengajukan Shopee Pinjam. Berikut langkah-langkah atau cara mendaatkan Shopee Pinjam.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Pilih Saya, ada di pojok kanan bawah
  3. Pilih SPinjam
  4. Pilih Ajukan
  5. Pilih Jumlah Pinjaman dengan menggeser tombol sesuai dengan nominal yang akan diajukan
  6. Pilih Durasi Pinjaman
  7. Pilih Rekening Bank yang akan digunakan untuk menerima pinjaman tunai atau Tambahkan Rekening Bank yang akan Anda gunakan
  8. Pilih Lanjutkan
  9. Klik Ajukan Sekarang
  10. Masukkan Pin ShopeePay
  11. Selesai

Oiya, Shopee Pinjam atau SPinjam hanya dapat diaktifkan pengguna terpilih Shopee saja. Mereka yang terpilih bisa mengajukan pinjaman tunai di aplikasi Shopee.

Jadi, tidak semua pengguna Shopee mendapat layanan atau fitur Shopee Pinjam atau SPinjam. Oleh karena itu, layanan SPinjam tersebut bisa saja tidak muncul di aplikasi Shopee.

Istilah dalam Shopee Pinjam [SPinjam]

Mengajukan pinjaman uang melalui Shopee Pinjam atau SPindah mudah tapi juga harus benar-benar paham dengan segala aturannya. Ada beberapa istilah yang harus kamu pahami dulu.

Dengan begitu, kamu akan benar-benar paham terkait dengan aturan Shopee Pinjam. Berikut beberapa istilah yang harus kamu pahami sebelum meminjam uang melalui Shopee Pinjam.

1. Dokumen Layanan

Dokumen layanan adalah dokumen-dokumen termasuk namun tidak terbatas kepada perjanjian pinjaman dan syarat dan ketentuan umum perjanjian pinjaman.

Selain itu, dokumen layanan juga termasuk syarat dan ketentuan layanan, kebijakan privasi, dan pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) layanan pada platform Shopee.

Dokumen layanan juga mencakup kebijakan atau dokumen lainnya yang tersedia dari waktu ke waktu yang mengikat penerima pinjaman untuk penggunaan fasilitas pinjaman dan layanan.

2. Fasilitas Pinjaman

Fasilitas pinjaman adalah setiap fasilitas keuangan dalam bentuk pinjaman dalam mata uang rupiah yang diberikan oleh pemberi pinjaman kepada kamu sebagai penerima pinjaman.

Fasilitas pinjaman juga termasuk layanan dengan nilai serta syarat dan ketentuan yang diatur dalam perjanjian pinjaman Shopee Pinjam atau SPinjam.

3. Kami

Jika kamu menemukan kata kami dalam syarat dan ketentuan layanan Shopee Pinjam atau SPinjam berarti adalah Shopee dan/atau Pemberi Pinjaman, dan/atau LDN.

4. Keadaan Kahar

Keadaan kahar adalah setiap peristiwa di luar kendali Kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, kebakaran, banjir, perang, huru hara, tindakan oleh pemerintah.

Selain itu juga termasuk namun tidak terbatas pada semua peristiwa yang tidak dapat diambil tindakan yang wajar oleh Kami untuk mencegah atau mengurangi dampaknya.

5. Konten

Konten berarti seluruh isi dari platform Shopee dan Layanan, secara keseluruhan atau setiap bagiannya, termasuk namun tidak terbatas kepada informasi, desain dan gambar.

Bahkan termasuk suara, musik, video, tulisan, basis data, foto, perangkat lunak, tarif, biaya, grafik, artikel, setiap informasi lain serta pemilihan dan pengaturannya.

6. Layanan

Layanan adalah SPinjam untuk penjual itu sendiri. Istilah ini hanya berlaku untuk syarat dan ketentuan pinjaman melalui Shopee Pinjam untuk para penjual.

7. LDN

LDN beraarti PT Lentera Dana Nusantara. PT tersebut merupakan penyelenggara layanan pinjam meminjam berbasis informasi teknologi (peer-to-peer lending) lewat Shopee.

8. Penerima Pinjaman atau Anda

Penerima pinjaman atau Anda adalah setiap orang perseorangan warga negara Indonesia dan badan hukum Indonesia yang mendaftarkan diri pada Platform Shopee.

Tidak sekedar mendaftarkan diri saja, akan tetapi untuk tujuan mendapatkan fasilitas pinjaman melalui layanan berdasarkan perjanjian pinjaman Shopee Pinjam atau SPinjam.

9. SPinjam Untuk Penjual

SPinjam untuk penjual adalah layanan di Shopee yang memberikan limit kredit untuk fasilitas pinjaman itu sendiri dalam bentuk uang tunai kepada penjual di Shopee.

Pinjaman tersebut sendiri untuk tujuan tertentu sebagaimana disebutkan dalam perjanjian pinjaman terkait, yang disediakan oleh pemberi pinjaman melalui LDN.

FAQ

  • Apakah Shopee Pinjam aman?

PT Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia layanan peminjaman uang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Shopee Pinjam bisa dikatakan aman.

  • Berapa limit Shopee Pinjam?

Limit Shopee Pinjam tidak sama untuk setiap pengguna. Hanya saja, kamu dapat mengajukan pinjaman minimal Rp 200.000 dan maksimal Rp 15.000.000. Namun bisa berubah sewaktu-waktu.

  • Kenapa di Shopee tidak ada Shopee Pinjam?

Shopee Pinjam bukan fitur yang bisa digunakan atau dipakai oleh semua pengguna Shopee. Fitur Shopee pinjam hanya bisa digunakan oleh para pengguna yang terpilih saja.

  • Bagaimana cara memunculkan Shopee Pinjam?

Shopee Pinjam tidak bisa dimunculkan sendiri oleh para pengguna Shopee. Pihak Shopee sendiri yang akan memunculkan layanan atau fitur tersebut di aplikasi Shopee.

  • Bagaimana jika Shopee pinjam tidak dibayar?

Menurut kebijakan yang berlaku, Shopee akan memberikan denda sebesar 5% dari total tagihan Shopee Pinjam. Denda tagihan tersebut akan masuk pada tagihan di bulan berikutnya.

Akhir Kata

Bagaimana? apakah kamu berminat memakai fitur Shopee Pinjam jika suatu saat diberi kesempatan oleh pihak Shopee? Jangan lupa, bayar cicilannya tepat waktu 😂

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung ke website kami PintarJualan.id dan membaca tulisan cara mendapatkan Shopee Pinjam ini sampai selesai.

Satu lagi, jangan lupa juga untuk share tulisan ini dan baca juga tulisan-tulisan kami yang lain, semoga bermanfaat 😄

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *