Advertisement

Berapa Bunga Shopee Paylater? [+Perhitungan Bunga & Jatuh Tempo]

Diterbitkan pada
18 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kamu sukabelanja di Shopee menggunakan Shopee Paylater? Sudah tahu berapa bunga Shopee Paylater? Nah, ketahui lewat tulisan sederhana ini sekaligus dengan perhitungan bunga dan informasi jatuh temponya.

Kini Shopee telah menghadirkan fitur Paylater yang bisa digunakan untuk membeli barang di Shopee tapi bayarnya nanti di akhir.

Mirip dengan sistem kartu kredit yang digunakan untuk pengguna bagi yang belum mempunyai dana yang cukup.

Cara daftar Shopee Paylater cukup mudah, namun jika telat membayar bisa dikenakan biaya denda, lho!

Ada juga bunga yang harus ditanggung pembeli yang menggunakan fitur Shopee Paylater. Berapa sih bunganya? Yuk, lihat dibawah ini. Lets go!

Kenali dulu, Apa Itu Shopee Paylater?

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai berapa bunga Shopee Paylater dalam 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, ada baiknya kita mengenal Shopee Paylater dahulu.

Fitur Shopee Paylater disediakan oleh PT Commerce Finance dan perusahaan jasa keuangan yang bekerja sama memberikan pinjaman untuk pengguna yang belanja di Shopee.

Istilah “Pay Later” jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia yaitu “Bayar Kemudian”. Jadi pengguna Shopee bisa membayar bayar yang dibeli menggunakan fitur ini, dan membayarnya nanti secara bertahap sesuai dengan jatuh tempo.

Lalu, apakah Shopee Paylater aman? Ya, tentu saja aman!

Hal ini karena Shopee Paylater telah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena fitur ini bukan seperti pinjaman online bodong yang belum terdaftar.

Bagaimana Skema Cicilan Shopee Paylater?

Bagi pengguna yang melakukan pinjaman menggunakan Shopee Paylater harus mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan cicilan dan jatuh tempo yang dipilih.

Pilihan cicilan di Shopee Paylater bermacam-macam yaitu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Jadi, tagihan di Shopee Paylater harus dibayar sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Hal ini supaya pembeli tidak dikenakan denda keterlambatan. Tagihan ini bisa dilunasi pembeli dalam beberapa kali angsuran sesuai dengan masa pinjaman yang dipilih pembeli.

Batas pembayaran tagihan Shopee Paylater adalah setiap tanggal 5 dan tanggal 11 pada bulan berikutnya setelah tampil tagihannya.

Limit yang bisa digunakan para pengguna Shopee Paylater ini bermacam-macam. Untuk pengguna baru akan mendapatkan limit kredit sebesar Rp 750 ribu.

Nantinya, limit tersebut bisa bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang dilakukan oleh pembeli.

Namun, jika pengguna melebihi jatuh tempo pada saat pembayaran tagihan, maka sistem Shopee akan mengurangi jumlah limit pinjaman pengguna tersebut.

Perlu diketahui ya, pengguna tidak bisa melakukan pembelian produk dengan kategori voucher, pulsa, tagihan, tiket transportasi menggunakan Shopee Paylater.

Berapa Bunga & Denda Shopee Paylater?

Per tanggal 28 April 2020 Shopee mengeluarkan kebijakan baru terkait besaran bunga untuk pembayaran Shopee Paylater (Beli Sekarang Bayar Nanti) dan untuk cicilan 2 bulan, 3 bulan sesuai dengan kebijakan Shopee.

Jadi, besaran bunga Shopee Paylater yang ditetapkan Shopee naik menjadi 2,95% dari total jumlah per transaksi. Kemudian, ditambah lagi dengan biaya penanganan sebesar 1%.

Lalu, bagaimana jika telat bayar shopee paylater 5 hari atau lebih? Jika terjadi keterlambatan pembayaran atau melampaui jatuh tempo, akan dikenakan denda 5% dan akan terus bertambah jika pengguna tidak segera melunasi cicilan.

Sebagai contoh, kamu mempunyai tagihan Shopee Paylater sebesar 100 ribu yang sudah termasuk biaya penanganan dan bunga. Namun, terjadi keterlambatan pembayaran pada bulan tersebut.

Jadi, kamu harus membayar Rp. 105 ribu karena ditambahkan denda jatuh tempo sebesar 5%. Kalau terus menerus tidak dibayar, maka akan meningkat setiap bulannya.

Selain mendapatkan denda, kamu juga akan dibatasi dalam mengakses aplikasi Shopee seperti penggunaan diskon dan voucher gratis ongkir Shopee. Juga akan mendapatkan citra buruk dari OJK sehingga sulit mendapatkan pembiayaan dari bank atau lainnya. Siap-siap untuk didatangi oleh debt collector untuk menagih pinjaman yang dilakukan.

Contoh Perhitungan Bunga Shopee Paylater

Bagaimana cara perhitungan bunga pinjaman Shopee Paylater? Pasti sudah penasaran bagaimana cara menghitungnya, ya. Yuk simak contoh perhitungannya berikut ini :

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *